Apa Itu Senapan Angin - Senapan Lokal

11 Agu 2015

Apa Itu Senapan Angin

Senapan angin adalah suatu senjata yang memanfaatkan tekanan angin (pneumatik) untuk menembakkan peluru atau proyektil. Senapan angin biasa dipakai untuk olahraga menembak target atau berburu binatang kecil seperti burung dan tupai. Ukuran peluru atau mimis yang dipakai umumnya terbuat dari timah dengan kaliber .177 (4,5 mm) dan kaliber .22 (5,5 mm) yang membutuhkan izin penggunaan khusus. Senapan angin bisa membunuh manusia jika disalah-gunakan.

Di Indonesia, beberapa merk senapan angin yang terkenal diantaranya adalah Sharp, Cannon, dan Benjamin. Cannon; atau yang juga sering disebut Canon; adalah salah satu pabrikan senapan angin yang berbasis di Surabaya dan sudah memasuki pasar ekspor untuk beberapa produknya. Sedangkan Benjamin (sekarang diakuisisi oleh Crosman; -red) dan Sharp sebenarnya merupakan merk senapan angin buatan Jepang dan Amerika yang kini diproduksi oleh banyak produsen lokal di Indonesia.

Kaliber Senapan Angin

Layaknya pada senjata api, senapan angin juga merupakan tipe senapan yang memiliki beberapa kaliber sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa kaliber senapan angin yang beredar di seluruh dunia :
  • .177" (4,5 mm) - Kaliber paling umum di seluruh dunia. Kaliber ini juga digunakan pada lomba menembak internasional (ISFF). Peluru kaliber ini memiliki lintasan yang paling datar sehingga menjadikannya paling akurat. Tidak memerlukan izin untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.
  • .20" (5,0 mm) - Banyak dipakai di Eropa utamanya oleh senapan merk Benjamin/Crosman (USA). Mempunyai lintasan yang datar mirip kaliber .177 tapi memiliki tenaga lebih besar.
  • .22" (5,5 mm) - Kaliber paling umum untuk berburu karena memiliki energi yang cukup besar. Harus menggunakan izin khusus untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.
  • .25" (6,35 mm) - Kaliber umum yang paling besar. Memiliki tenaga paling besar pada saat tumbukan tetapi lintasannya berbentuk lengkung (parabola) sehingga hanya dipakai pada senapan dengan tenaga yang besar.
Perbandingan Kaliber Senapan

Etika Memegang atau Membawa Senapan Angin

Senapan angin bukanlah barang langka di Indonesia. Kecenderungan seorang pria adalah menyukai senjata, tak heran jika senapan angin menjadi primadona. Kemudahan dalam mendapatkannya dan harganya yang relatif terjangkau tak ayal membuat senapan angin kerap memakan korban akibat kesalahan penggunaan atau keteledoran pemiliknya. Berikut kami rangkum hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat anda memiliki senapan angin :
  • Selalu perlakukan senapan seolah-olah terisi peluru meskipun anda yakin kosong.
  • Jangan pernah mengarahkan senapan kepada orang lain atau hewan peliharaan meskipun dengan maksud bercanda.
  • Jauhkan senapan angin dan mimisnya dari jangkauan anak kecil atau orang yang memiliki gangguan mental.
  • Jika membawa senapan bepergian, masukkan ke dalam tas atau dibungkus agar tidak terlihat.
  • Biasakan membawa senapan dengan laras menghadap atas, membawa senapan dengan menghadap ke bawah sangat berbahaya. Jika tidak sengaja picu tertekan, mimis akan richocet (memantul) pada lantai dan dapat membahayakan semua yang ada di sekitarnya.
  • Berburulah secara bijak dan secukupnya, jangan pernah menembak hewan yang dilindungi.
  • Jika anda ragu pada hewan yang anda temui di hutan, carilah dahulu info sebanyak-banyaknya sebelum menembaknya.
Senapan angin bukanlah mainan. Senapan angin menjadi berbahaya di tangan anak kecil. Jika anda memang ingin mengajari si kecil tentang senapan angin sejak dini, pastikan berada dalam perhatian dan pengawasan yang ketat. Peluru senapan angin (mimis) terbuat dari logam berbahaya yang beracun. Cucilah tangan anda setelah memegang mimis maupun senapan angin.
Comments

1 komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini