Jenis Senapan Angin di Indonesia - Senapan Lokal

22 Agu 2015

Jenis Senapan Angin di Indonesia

Jenis-jenis Senapan Angin di Indonesia
Di Indonesia terdapat beberapa jenis senapan angin, mulai dari yang berukuran kecil layaknya pistol hingga yang berukuran besar seperti senapan pada umumnya. Masing-masing jenis senapan angin ini memiliki cara kerja dan peruntukan yang berbeda. Dengan mengenal setiap jenisnya, diharapkan anda dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan masing-masing dan dapat memilih yang paling cocok.

Senapan tipe pompa atau uklik (multi-pump)

Senapan uklik atau multipump pompa bawah
Inilah yang sering disebut sebagai senapan angin sejuta umat. Ya, karena jenis inilah yang banyak beredar di tanah air. Harganya relatif terjangkau karena mulai dari Rp250.000 kita sudah bisa mendapatkan senapan jenis ini. Senapan uklik umumnya memiliki jangkauan tembakan 0-100m dengan jarak efektif di kisaran 20-30m saja.

Senapan uklik praktis digunakan, suku cadang (spareparts) mudah didapat, dan perawatannya mudah. Kekurangannya, tidak cocok untuk memburu hewan besar (big game) karena tenaganya tidak terlalu kuat (<1.000 fps). Senapan pompa juga cukup memakan waktu karena jangkauan tembakan tergantung berapa kali dipompa dan itupun untuk sekali tembak saja.

Senapan angin ini memakai pompa terintegrasi untuk memampatkan udara lalu dilepaskan untuk melontarkan peluru atau mimis. Senapan tipe pompa ini memakai dua macam cara pelepasan angin, yaitu :
  • Knock Open Valve
    Sistem Knock Open Valve memakai pemukul (hammer) seperti senjata api pada bagian dalam, dan untuk yang eksternal digunakan pelatuk yang mirip dengan pistol colt. Contoh senapan angin yg menggunakan Knock Open Valve yaitu senapan merk Benjamin dan Cannon.
  • Dumping System
    Dumping system menggunakan klep yang akan terbuka penuh pada saat trigger atau pelatuk terpicu. Contoh senapan angin dengan Dumping system yaitu senapan merk Sharp (Innova, Tiger, dan Ace).
Senapan uklik atau multipump pompa samping
Di pasaran, senapan uklik dijual dalam 2 versi yakni pompa bawah dan pompa samping. Tidak ada perbedaan dengan kemampuannya karena hanya peletakan pompanya saja yang berbeda. Tapi dari pengalaman penulis, senapan uklik pompa samping (pomping) lebih mudah digunakan daripada pompa bawah karena tidak perlu mengubah posisi senapan untuk memompa.


Senapan dengan tabung gas termampatkan

Contoh senapan PCP
Senapan PCP memiliki tenaga yang besar karena memakai tabung angin internal mulai 1.000 sampai 5.000psi. Senapan jenis ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan tipe pompa. Bedanya, tidak terdapat pompa karena angin sudah diisi terlebih dahulu ke dalam tabung sebelum senapan digunakan.

Senapan PCP menjadi pilihan utama bagi penembak target atau pemburu professional karena tekanan angin yang dimilikinya stabil sehingga mampu menembakkan peluru dengan akurat sekalipun untuk jarak jauh (>100m).

Karena harus menyimpan angin dengan tekanan sangat tinggi, dibutuhkan bahan yang sangat kuat dan berkualitas tinggi sehingga harganya relatif mahal. Selain itu juga tidak praktis karena metode pengisian angin memakai tabung scuba atau pompa hill-pump yang bagi sebagian orang harganya tidak masuk akal.

Contoh pistol CO2
Senapan dengan tabung gas yang dimampatkan ini dibedakan menjadi 2 jenis, yakni :
  • Memakai tabung gas CO2 kecil (kapsul), dimana mimis didorong menggunakan tekanan gas CO2 dari dalam tabung. Tekanan yang dihasilkan tidak terlalu besar, biasanya dipakai pada pistol atau senapan angin mini dengan jarak tembak pendek (<10m).
  • Menggunakan udara tekan atau yang biasa disebut PCP (Pre-Charge Peneumatic), memiliki tekanan udara yang besar antara 1.000 - 5.000 psi. Dapat melontarkan pellet atau mimis sampai kecepatan >1.000fps. Senapan jenis ini biasa digunakan untuk small atau medium hunting.

Senapan tipe per atau pegas (spring airgun)

Contoh senapan per pegas atau spring gun
Senapan angin jenis ini memanfaatkan tekanan per/pegas untuk mendapatkan kompresi udara agar bisa mendorong peluru. Tergolong praktis karena memiliki cara kerja sekali kokang untuk sekali tembak yang mirip dengan senjata api. Memiliki kekuatan untuk melumpuhkan buruan berukuran sedang (medium hunting) karena tenaganya besar dan stabil.

Kekurangannya, senapan tipe per memiliki "tendangan balik" atau recoil yang besar sehingga mengurangi akurasinya. Begitu juga dengan suara keras yang ditimbulkannya kadang membuatnya tidak cocok untuk dibawa berburu ke hutan karena menakuti hewan lainnya. Untuk senapan yang bertipe pegas, senapan jenis ini dibagi lagi ke dalam 3 tipe :
  • Under Lever
  • Side Lever
  • Break Barrel (Patah Laras)
Pembagian tipe tersebut berdasarkan cara pegas ditekan sehingga senapan dalam keadaan terkokang untuk siap menembak.

Senapan gejluk

Senapan ini bisa dibilang asli Indonesia karena mekanismenya tidak ditemukan pada senapan angin di luar negeri. Intinya adalah kombinasi dari kemudahan penggunaan senapan uklik (multi-pump) dengan kekuatan dan kestabilan senapan PCP (Pre-Charged Pneumatic). Senapan gejluk menggunakan pompa kaki yang dipukulkan (gejluk) hingga ratusan kali untik menghasilkan bebetapa tembakan.

Pengertian senapan gejluk
Berbeda dengan senapan uklik yang berapa kali dipompa hanya menghasilkan 1 tembakan, senapan gejluk bisa menghasilkan berkali-kali tembakan tergantung pengaturan grendel-nya. Bisa dibilang, senapan gejluk adalah senapan PCP yang ditambahi pompa internal. Meski ada juga senapan gejluk yang tuas pompanya terpisah dari badan senapan.


Senapan gejluk cocok untuk medium dan big game seperti berburu biawak, musang, babi, bahkan rusa karena memiliki keunggulan pada kestabilan tekanan angin, tenaganya yang besar, dan adanya pengaturan tekanan angin. Praktis dibawa-bawa karena tidak membutuhkan perangkat pengisi angin tambahan.

Kekurangannya adalah proses pompa yang banyak dan melelahkan, di samping itu sebagian besar senapan gejluk memiliki bobot yang berat (di atas 5kg) dan ukuran yang panjang sehingga sedikit menyulitkan jika dibawa berburu.

Sumber:
Senapan Angin
5 Jenis Senapan Angin
Sebelum Membeli Senapan Angin
Model Senapan Gejluk Buatan Indonesia
Grosir Senapan Angin
Comments