Tips Memilih Popor Senapan - Senapan Lokal

11 Agu 2015

Tips Memilih Popor Senapan

Tips Memilih Popor Senapan

Popor atau dalam bahasa Inggris disebut stock, adalah bagian dari senapan angin atau senjata api dimana laras dan mekanisme senapan ditempatkan. Popor ditempatkan pada bahu penembak pada saat senapan ditembakkan agar penembak dapat memegang senapan dengan nyaman dan membidik sasaran lebih baik. Popor senapan juga berfungsi untuk menyalurkan recoil (tendangan balik) pada bahu penembak.

Popor pada senapan memakai 2 bahan yang umum, yakni sintetis dari bahan plastik ABS (resin) atau dari kayu. Bahan plastik lebih sering dipakai pada senapan standar untuk menekan harga jual, atau pada senapan dengan laras yang pendek karena ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Bahan kayu lebih umum dipakai pada senapan dengan laras panjang karena juga berfungsi sebagai penyeimbang bobot laras. Bahan kayu yang umum dipakai pada senapan angin antara lain kayu mahoni, mangga hutan, waru, dan sonokeling.

Di luar negeri, jenis kayu yang populer sebagai bahan popor senapan adalah kayu Walnut. Akhir-akhir ini juga sering ditemukan penggunaan kayu lapis yang setiap lapisan memiliki warna berbeda sehingga membuat gurat atau corak yang sangat menarik. Penggunaan popor kayu lapis ini banyak ditemukan pada senapan buatan Daystate dan Air Arms.

Jenis-jenis Model Popor Senapan

Di pasaran seringkali kita jumpai beraneka ragam bentuk dan motif popor senapan. Mulai dari yang harganya terjangkau sekitar seratus ribu sampai yang berharga jutaan karena tingkat kerumitan pembuatan atau kelangkaan dan kualitas bahannya. Pada dasarnya, standar internasional untuk popor senapan dibagi menjadi 5, yakni :
  • Popor Tradisional
  • Popor Thumbhole
  • Popor Tactical
  • Popor Bullpup
  • Popor Magpul
Comments