Pengertian Muzzle Brake - Senapan Lokal

28 Sep 2015

Pengertian Muzzle Brake

Apa itu muzzle break
Muzzle brake; atau yang juga disebut muzzle break; sering kali diartikan sebagai perangkat tambahan pada senapan angin yang berfungsi untuk memecah suara yang keluar dari laras senapan agar tidak hanya mengarah ke depan, tapi juga ke samping. Diharapkan dengan cara itu, target dan semua yang ada di sekelilingnya tidak akan mengetahui asal / sumber tembakan. Benarkah demikian?

Muzzle brake awalnya diciptakan pada senjata api dan kendaraan tempur untuk mengarahkan gas hasil pembakaran propelan atau mesiu ke samping. Tujuannya adalah untuk mengurangi hentakan (recoil) dan gerakan laras ke atas. Pada senapan dan pistol, muzzle break juga sering disebut compensator atau suppresor.

Berbeda pada peruntukan senjata api, penggunaan muzzle brake pada senapan angin justru akan mengurangi kecepatan laju (velocity) mimis saat keluar dari laras. Mengapa? Ingat, senapan angin memanfaatkan angin atau gas untuk melontarkan mimis. Penggunaan muzzle break justru akan "memecah" konsentrasi angin pendorong mimis ke depan karena angin berbelok ke segala arah, tidak hanya ke depan saja.

Berkurangnya daya pendorong akibat angin yang berbelok ini tentu berpengaruh pada kecepatan laju mimis. Pengurangan velocity ini memang tidak signifikan pada senapan angin berdaya besar seperti pada PCP, tapi tentu akan sangat terasa pada senapan jenis pompa (uklik).

Arah angin yang berbelok juga berdampak pada berkurangnya daya hentak (recoil) yang dirasakan penembak, utamanya pada senapan jenis per atau pegas. Gelombang suara tembakan pun akan menyebar ke samping mengikuti pergerakan angin yang terpecah.

Apakah muzzle break bisa diterapkan di senapan saya?

Jika anda memiliki senapan PCP, gejluk, atau tipe per (pegas), penggunaan muzzle break akan membantu mengurangi recoil yang dihasilkan saat menembak sehingga akurasi dapat meningkat. Pengurangan kecepatan laju mimis tidak terlalu dirasakan karena daya (power) tembakan yang masih tergolong besar.

Sebaliknya, penggunaan muzzle break pada senapan uklik; apalagi pada laras yang pendek; tidak disarankan karena akan mengurangi kecepatan laju mimis secara signifikan akibat power tembakan berkurang. Tips untuk mengurangi suara tembakan secara signifikan pada senapan laras pendek adalah dengan menggunakan peredam ukuran panjang.
Comments

4 komentar

Mantap postingannya Mas Aping, pengetahuan saya jadi bertambah.

Apakah pada jenis senapan break barrel dgn jenis nitro piston akan mempengaruhi Velocity..??

Apa Cocok buat senapan Uklik Sharp Ace Deluxe....